• Home
  • Keluarga
  • Peran Keluarga Sebagai Pembentuk Karakter Yang Tangguh

Peran Keluarga Sebagai Pembentuk Karakter Yang Tangguh

Peran Keluarga Sebagai Pembentuk Karakter Yang TangguhKeluarga adalah kelompok terpenting yang berada di lingkungan masyarakat. Kesatuan dari suami, istri, dan anak-anak merupakan satu kesatuan sosial terkecil di dalam lingkungan masyarakat yang sebelumnya didahului dengan sebuah ikatan pernikahan yang sah. Peran keluarga sangat penting untuk dipahami karena sekarang-sekarang ini peran sistem keluarga semakin kabur saja. Hal ini disebabkan oleh banyak hal seperti adanya perubahan ekonomi dan juga pengaruh sikap individualism. Teh Sariwangi kali ini akan membahas tentang bagaimana peran suatu keluarga dalam membentuk karakter individu yang tangguh.

Peran keluarga pertama yang bisa membentuk karakter anak yang tangguh adla dalam hal pendidikan. Tugas keluarga baik ayah atau pun ibu adalah untuk mendidik anak untuk menjadi anak yang berbudi pekerti yang luhur, aktif dalam bersosialisasi di masyarakat, dan juga cerdas. Pendidikan itulah yang nantinya akan menjadi bekal untuk anak dalam menjadi pribadi yang tangguh di masa depannya. Orang tua harus benar-benar memperhatikan tumbuh kembang anaknya dan mengajarkan bersosial agar anak tidak memiliki sifat yang individualis. Anak juga harus dididik untuk memiliki sikap menghargai dan bekerja keras. Dengan mengajarkan seperti itu, nantinya anak tumbuh menjadi pribadi yang lebih mandiri dan tangguh.

Peran keluarga dalam mendidik anak menjadi karakter yang tangguh bisa dimulai dengan memberikan ahlak yang mulia kepada anak. Ajarkanlah anak untuk senantiasa berbuat baik dan suka menolong. Bangunlah anak untuk menjadi pribadi yang percaya diri dan berempati tentang apa yang dirasakan orang lain. Solidaritas seperti yang telah dijelaskan diatas memang diajarkan di lingkungan sekolah, tapi bila dalam keluarga sendiri telah mengajarkannya, anak akan jadi lebih tau dan mudah untuk menyerapnya. Berikan pula perasaan yang nyaman dalam lingkungan keluarga dengan cara melakukan liburan bersama, atau pun sekedar berkumpul bersama ketika hari libur tiba. Jangan lupa sajikan teh Sariwangi yang akan menambah kehangatan keluarga. Jadi, kalau tidak keluarga itu sendiri yang membentuk karakter anak agar tangguh di masa depannya, siapa lagi.

Aulia Hosea

Leave a Reply