• Home
  • Category: Pendidikan

4 Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Proses tumbuh kembang anak memang tidak selamanya selalu berjalan sesuai dengan harapan kita sebagai orangtua. Ada banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, ada faktor yang bisa diubah seperti faktor genetik atau keturunan, ada juga faktor yang dapat diubah seperti lingkungan, kondisi ekonomi dan nutrisi yang diberikan.

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan & perkembangan anak
Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan & perkembangan anak

Oleh karena itu, sebagai edukasi yang penting bagi setiap orangtua, mari kita kenali dan pahami beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak di antaranya adalah:

1. Faktor herediter atau genetik.

Faktor herediter dalam pertumbuhan merupakan suatu proses alami yang terjadi pada setiap individu dan secara bertahap, semisal tinggi dan berat badan anak akan semakin bertambah dan mengalami peningkatan untuk dapat berfungsi secara kognitif, psikososial hingga spiritual dengan simultan. Faktor herediter ini juga termasuk faktor secara genetik atau keturunan dari orangtua pada anak, faktor ini juga tidak dapat berubah seumur hidup mulai dari ras, jenis kelamin, warna mata dan rambut, pertumbuhan fisik serta beberapa keunikan pada karakteristik seperti sikap tubuh dan temperamen.

2. Faktor lingkungan.

Lingkungan juga merupakan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangan anak dari mulai dari masih dalam kandungan hingga ia telah lahir ke dunia dan sangat berdampak pada potensi dan pencapaian dirinya kelak. Secara garis besar faktor lingkungan terbagi menjadi 2 macam yaitu lingkungan pranatal atau lingkungan saat masih di dalam kandungan atau yang berasal dari diri ibu, mulai dari nutrisi selama hamil, toksin atau penyakit, radiasi, stress, imunitas, infeksi dan lain-lain. Yang kedua lingkungan postnatal yang terdiri dari lingkungan biologis, fisik, psikososial serta keluarga dan adat istiadat (masyarakat).

3. Faktor sosial ekonomi.

Meski hal ini tidak berpengaruh secara langsung namun faktanya kebanyakan anak-anak yang hidup dalam lingkungan sosial ekonomi yang baik bisa tumbuh dan berkembang dengan baik karena banyak hal, mulai dari kecukupan gizi sampai lingkungan keluarga yang secara sosial lebih menonjol daripada keluarga yang berada dalam status ekonomi sosial yang rendah. Namun ada kalanya tidak selalu seperti demikian, hanya berupa kecenderungan saja.

4. Faktor nutrisi dan kesehatan.

Nutrisi dan kesehatan menjadi faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak yang paling utama dan bersifat mutlak, anak-anak yang sedari lahir sudah terbiasa diberi asupan nutrisi yang terbaik dan tidak mengalami masalah kesehatan yang berarti maka ia juga akan tumbuh dan berkembang secara optimal. Pemenuhan gizi dan penanganan kesehatan tentu sangat berhubungan dengan poin nomor 3. Oleh karena itu, agar fisik dan metal anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, lengkapi nutrisinya dengan produk susu dari Wyeth seperti S-26 Procal Gold yang dilengkapi dengan 53 makronutrien dan mikronutrien.

Mengatasi Permasalahan Pada Perkembangan Anak Usia Dini

Aspek Perkembangan Anak Usia Dini

Permasalahan yang sering terjadi pada anak-anak di masa periode emasnya  adalah permasalahan yang terdapat pada aspek perkembangan anak usia dini baik itu permasalahan daam perkembangan kognitif anak, permasalahan dalam perkembangan emosional anak, permasalahan dalam perkembangan sosial anak, permasalahan dalam perkembangan berbahasa anak, dan permasalahan dalam perkembangan motorik anak. Permasalahan yang terjadi dalam salah satu aspek perkembangan anak ini dapat mempengaruhi aspek perkembangan lainnya, karena aspek-aspek perkembangan ini memiliki hubungan yang erat dan tidak dapat dipisahkan.

Untuk mengatasi berbagai masalah dalam aspek perkembangan anak usia dini ini memang tidak semudah yang dibayangkan. Karena penyebab dari setiap permasalahan yang terjadi ini juga berbeda-beda. Masalah-masalah dalam tumbuh kembang pada anak dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu :

  • Faktor keturunan

Permasalahan tumbuh kembang yang dipengaruhi oleh faktor keturunan ini dapat disebabkan oleh adanya gangguan perkembangan yang juga dialami oleh keluarga (riwayat gangguan yang dialami oleh anggota keluarga sebelumnya). Anak yang mengalami gangguan tumbuh kembang akibat faktor keturunan ini biasanya sulit untuk di sembuhkan karena gangguan sudah dibawa sejak ia lahir (bawaan lahir).

  • Faktor lingkungan

Masalah perkembangan karena faktor lingkungan ini dapat terjadi akibat kurangnya stimulasi sejak dini yang diberikan serta kurangnya kasih sayang dari kedua orangtuanya. Selain itu, kekurangan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak dan fisik anak juga dapat memicu timbulnya masalah perkembangan pada anak usia dini ini. Untuk permasalahan dalam aspek perkembangan anak usia dini yang disebabkan adanya faktor lingkungan ini masih terdapat kemungkinan untuk bisa disembuhkan atau diatasi, baik melalui terapi dari ahli medis untuk masalha yang berkaitan dengan perkembangan fisiknya, maupun melalui terapi dari psikiater untuk mengatasi berbagai masalah keprinadian yang dimiliki oleh anak.

Untuk membantu mengatasi permasalahan dalam perkembangan anak, anda juga perlu memberinya stimulasi berkelanjutan dan kasih sayang yang seutuhnya dengan keyakinan bahwa permasalahan yang dihadapi anak anda akan dapat teratasi hingga ia bisa kembali normal seperti anak-anak lain pada umumnya.