Mempercepat Kontraksi Jelang Proses Persalinan

Ketika kehamilan sudah memasuki trimester 3, rasa bahagia sekaligus rasa tegang bercampur aduk akan dirasakan oleh ibu bukan ? Semakin dekat dengan proses persalinan, perasaan tersebut semakin menjadi saja dan cara merangsang kontraksi agar cepat melahirkan pun jadi sesuatu yang banyak dilakukan oleh ibu jelang proses persalinan.

Mempercepat Kontraksi Jelang Proses Persalinan

Setiap ibu pastinya ingin melalui proses persalinan dengan lancar. Cemas merupakan hal yang wajar dialami oleh wanita di penghujung kehamilannya dan menjalang persalinan. Dalam hal ini membuat wanita di waktu menjelang persalinan harus dapat secara tepat mengelola emosinya dengan baik sehingga proses persalinan juga tiba di waktu yang tepat.

Mengelola stres dengan baik pun menjadi salah satu cara untuk meringankan ibu dalam melewati proses persalinan dengan baik. Fisik dan mental memang haruslah disiapkan oleh ibu jelang tibanya waktu persalinan.

Perbanyak informasi penting terkait kehamilan di hari-hari penghujung dan menjelang persalinan yang salah satunya bisa dengan memperoleh informasi di SGM.

BACA JUGA : 5 Langkah Sukses Menyusui Bayi

Memasuki hari-hari di penghujung kehamilan trimester akhir, kontraksi akan dirasakan oleh ibu jelang persalinan. Lantas, bagaimana apabila ternyata pada waktu yang diprediksi, ibu belum juga belum merasakan kontraksi ?

Bagaimana cara merangsang kontraksi agar cepat melahirkan dengan lancar ? Berikut ini beberapa hal yang dapat untuk dilakukan :

 

  1. Jalan-jalan Santai

Jalan santai dapat membantu ibu hamil untuk mempercepat kontraksi sehingga juga proses persalinan bisa segera tiba. Akan tetapi untuk melakukan kegiatan ini, minta orang terdekat ibu untuk mendampingi. Mengingat juga usia kehamilan ibu sudah di penghujung trimester ketiga. Pastikan anda jalan dengan santai, tidak memaksakan diri yang justru hanya membuat anda kelelahan. Jalan santai saja di permukaan yang datar, tidak terjal sehingga juga tidak membahayakan anda dan kehamilan anda.

 

  1. Senam Ibu Hamil

Cara merangsang kontraksi agar cepat melahirkan yang berikutnya adalah melakukan senam untuk ibu hamil. Kegiatan senam ibu hamil lebih baiknya memang dilakukan jauh-jauh dari waktu persalinan sehingga kontraksi dapat terjadi dalam waktu yang diperkirakan. Jika ibu kurang memahami tentang senam ibu hamil, pastikan melakukan senam ini dengan panduan instruktur yang profesional

 

  1. Menstimulasi Puting Payudara

Ibu juga dapat menstimulasi puting payudara ibu sebagai cara merangsang kontraksi agar cepat melahirkan. Menstimulasi puting payudara dapat membantu ibu dalam melepaskan oksitoksin, dimana hormnon tersebut dapat membantu dalam mempercepat terjadinya kontaksi jelang waktu persalinan. Lakukan stimulasi pada puting payudara ibu dengan cukup, tidak terlalu lama dan tidak berlebihan. Supaya kontraksi yang terjadi juga tidak terlalu kuat dan panjang.

 

  1. Makan Makanan Bergizi Seimbang

Makanan bergizi seimbang pun bisa membantu ibu untuk merangsang kontaksi jelang persalinan. Selain itu juga makanan pedas dapat membantu. Tapi ingat, konsumsi dalam jumlah yang cukup supaya tidak sampai memberikan efek yang buruk pada kesehatan ibu maupun janin.

Aulia Hosea

Leave a Reply