• Home
  • Category: Kuliner

Minuman Tradisional Khas Jawa Tengah

wedang ronde minuman tradisional jatimHai sobat, Indonesia kaya akan daerah, bangsa, budaya, dan tak kalah yaitu minuman tradisionalnya yang melegenda di Jawa Tengah yaitu Wedang Ronde. Disaat melipir ke Yogyakarta dan bertolak di Jl. Malioboro banyak sekali pedagang-pedagang kaki lima yang menjual minuman tersebut. Eits, tunggu dulu.. Kalian sudah tahu apa itu Wedang Ronde?

Wedang yang berarti Minuman panas dari Jahe dan Ronde dalam artian lain dari bahasa tradisional China yang berarti Tāngyuán (makanan yang berbentuk bola-bola). Jadi, Wedang Ronde itu air jahe panas yang disajikan dengan Ronde.

Di dalam minuman ini banyak toppingnya, diantaranya taburan kacang-kacangan, potongan roti, kolang-kaling, dan lainnya. Sebenarnya minuman ini dari negara China, namun telah lumrah di kalangan masyarakat Indonesia bahwa meyakini berasal dari daerahnya yaitu Jawa Tengah.

Menarik: Es Teh Kocok Minuman Tradisional Jawa Timur

Tak perlu khawatir, bagi yang ingin menikmati Wedang Ronde, kini sudah ada bungkusannya. Praktis kan? Disatu sisi ada manfaatnya bagi kesehatan yang jarang orang lain tahu, diantaranya:

  1. Meredakan sakit tenggorokan,
  2. Menghilangan sakit kepala,
  3. Bisa menghangatkan tubuh, cocok diminum disaat cuaca dingin.
  4. Menurunkan kolesterol,
  5. Mengatasi perut kembung,
  6. Meredakan mabuk.

Biasanya yang menjual minuman Wedang ini memakai gerobak yang mirip seperti gerobak es dawet. Disajikan dengan air jahe yang panas ditemani dengan ramainya suasana lebih tepatnya di Jl. Malioboro.

Wedang Ronde ini disajikan dengan sebuah mangkuk yang sedang, serta cocok dikonsumsi disaat kondisi cuaca sedang dingin ataupun hujan, mengapa demikian? Karena wedang yang panas ditambah cuaca sedang dingin.. Begitu nikmat menyantap wedang ini, rasanya ketagihan. Yummy..

Untuk menemukan orang yang berjualan wedang ini, harus mencarinya pada waktu malam hari. Minuman ini bisa jadi pilihan lain selain Wedang Jahe.

Sebenarnya, Ada lagi selain wedang jahe yaitu beras kencur. Sudah tahu kan minuman beras kencur? Minuman tersebut biasanya dijual dengan jamu gendong, rasanya yang manis dan biasanya anak-anak menyukai minuman beras kencur.

Beras kencur berasal dari beras yang dihaluskan dan rimpang kencur, di dalam kombinasi itu terdapat vitamin B yang dapat merangsang lambung.

Jika rutin, beras kencur bisa menebalkan dinding perut sebagai penyembuhan maag.

Ramuan Beras Kencur terdiri dari:

  1. Rimpang Kencur,
  2. Tepung Beras,
  3. Rimpang Jahe,
  4. Asam kawak,
  5. Biji Kedaung,
  6. Garam serta Gula Merah / Gula Pasir.

Minuman tradisional khas Jawa Tengah ini dijual dalam bentuk cairan yang masih segar, baik itu di pasar-pasar ataupun penjual jamu keliling. Sama seperti Wedang Ronde, kini sudah ada bungkusannya dalam bentuk serbuk ataupun berupa sirup.

Beras Kencur ini termasuk jamu-jamuan yang mempunyai manfaat, diantaranya:

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Kandungan didalam Beras Kencur ini bisa meningkatkan nafsu pada makan, dan cocok untuk kalangan Anak-anak yang mengalami kendala nafsu makan.

2. Menghilangkan Rasa Capek dan Pegal-pegal

3. Meredakan ketika Masuk Angin

Rasa hangat pada Beras Kencur ini mengakibatkan bisa mengobati masuk angin, disatu sisi bisa digunakan sebagai penghilang rasa mual diperut diakibatkan masuk angin.

4. Menyangkal Radikal Bebas

Wuih, sama seperti teh ternyata beras kencur ini bisa menangkal radikal bebas yang disebabkan timbulnya berbagai macam penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Contohnya seperti kanker kulit dan macam-macam penyakit lainnya.

Ternyata disisi lain minuman ini banyak khasiatnya, serta disajikan masih secara tradisional. Beruntungnya kita tinggal di Indonesia banyak minuman-minuman tradisional yang masih hidup jaman era modern ini, tetap lestarikan ya sob!

Es Teh Kocok, Minuman Tradisional Jawa Timur

minuman tradisional es teh kocok

Minuman tradisional biasanya kita kenal dengan minuman yang dibuat dengan bahan dasar rempah-rempah yang banyak dimiliki di negara Indonesia dengan cara pembuatannya yang praktis. Namun semakin ke sini, minuman tradisional yang seperti itu banyak yang mulai tidak dikenal oleh masyarakat zaman sekarang. Makanan dan minuman di zaman terbaru ini mulai semakin beragam dan bervariasi dari rasa, warna, dan bahan-bahan yang digunakannya. Nah, kali ini yang akan kita bahas adalah salah satu minuman tradisional yang berasal dari daerah Jawa Timur yaitu es teh kocok.

Teh merupakan minuman keruh dari hasil seduhan daun teh hingga merubah warna air panasnya.  Minuman teh biasanya dinikmati saat bersantai dengan rasa tawar atau tambahan pemanis seperti gula. Teh yang dipakai untuk pembuatan air teh juga mempunyai banyak jenisnya seperti teh putih, teh hijau, teh oolong, dan teh hitam. Berbagai jenis teh ini juga dapat dibuat minuman teh dengan berbagai variasi sajian seperti salah satunnya yang akan kita coba bahas di sini yaitu es teh kocok Surabaya.

Teh kocok yang berasal dari kota Surabaya merupakan minuman yang memiliki sedikit kemiripan dengan teh tarik. Namun bedanya adalah teh kocok menggunakan teh hitam yang kemudian dicampur dengan susu kental manis, daun mine dan juga air serta yang terpenting adalah es batu. Es teh yang satu ini sudah terkenal di daerah Jawa Timur. Minuman yang berasal dari Surabaya ini memang enak dan cocok untuk diminum di musim panas.

Es teh kocok adalah seduhan teh hitam yang telah disaring dan didinginkan lalu dikocok bersama tambahan gula, susu kental manis dan daun mine. Bagi Anda yang ingin mencoba menikmati kesegaran es teh kocok Surabaya baik untuk sekedar minuman segar atau juga minuman berbuka puasa, berikut ini adalah beberapa langkah pembuatannya yang bisa coba Anda praktikkan di rumah Anda sendiri.

Komposisi:

  1. Es batu secukupnya
  2. Gula cair secukupnya
  3. Susu kental manis 20 ml
  4. Teh hitam 1 sdm
  5. Daun mine 2 helai
  6. Air panas 200 ml

Langkah Membuat:

  1. Tuangkan air panas ke dalam wadah (gelas) lalu larutkan bahan-bahan seperti daun mine, gula cair dan teh hitam ke dalamnya. Aduk secara merata lalu biarkan dingin kemudian saring untuk menghilangkan ampasnya.
  2. Tuangkan air teh yang sudah dingin ke dalam shaker atau pengocok lalu tambahkan dengan es batu dan susu kental manis. Kocok sampai merata dan berbuih lalu tuangkan ke dalam gelas.
  3. Es teh kocok surabaya siap dinikmati.

Itu dia langkah mudah dalam pembuatan minuman manis dingin dan segar yaitu es teh kocok Surabaya. Minuman ini bisa saja dinikmati sendirian di waktu panas, atau bersama keluarga di waktu sedang bermain ria bersama istri dan anak, atau juga dengan teman-teman ketika telah menyelesaikan suatu pekerjaan bersama.

Dengan membeli dan meminum minuman tradisional yang berasal dari daerah-daerah di Indonesia, citarasa dari makanan atau minuman khas Indonesia atau khususnya khas dari daerah masing-masing akan terjaga dan akan terus diingat oleh masyarakat di Indonesia ke depannya terutama ketika perkembangan zaman semakin pesat dan mulai bermunculannya makanan dan minuman modern yang terlihat lebih menarik daripada makanan dan minuman tradisional Indonesia.

Cara Membuat Teh Tarik Jelly Dingin Dan Segar

teh tarik jellyTeh Tarik merupakan minuman khas asia-tenggara yang mudah kita temukan di daerah melayu Indonesia. Sejarah menunjukkan bahwa Teh Tarik ternyata berasal dari Malaysia, Kemudian Teh ini menjadi terkenal dan tersebar hingga Indonesia. Teh tarik dapat dinikmati dengan panas-panas seruput maupun dingin.

Teh Tarik ini sangat enak dinikmati ketika sedang ngobrol, belajar, juga menonton TV kesayangan kamu. Biasanya tidak terasa Teh Tarik ini akan cepat habis ketika kita dalam keadaan haus apalagi jika Teh Tariknya memang enak. Saat ini, minuman dingin semakin beragam dan inovatif. Sampai Teh Tarikpun terdapat inovasi yang baru yaitu Teh Tarik Jelly.

Teh Tarik yang sekarang sedang Viral adalah Teh Tarik Jelly. Teh Tarik Jelly biasa kita temukan di berbagai tempat yang menjual minuman dingin dari homemade hingga minuman instan kemasan. Bagaimana bila kita ingin membuat sendiri Teh Tarik Jelly di rumah untuk mengilangkan dahaga? Nah dalam artikel ini, akan disajikan resep atau cara bagaimana membuat Teh Tarik Jelly Dingin dan Segar.

Berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Teh Tarik Jelly:

  1. 250 s/d 500 ml susu cair full cream (takaran sesuai selera)
  2. 4 sendok makan daun Teh (Tubruk atau Sachet sesuai selera)
  3. 3-5 sendok makan gula pasir
  4. Susu Kental Manis
  5. 250 s/d 500 ml air putih
  6. Cincau hitam 250 gr atau nutrijel 1 sachet (opsional)
  7. Es Batu secukupnya

Berikut peralatan yang diperlukan untuk membuat Teh Tarik Jelly:

  1. Gelas
  2. Panci
  3. Kompor
  4. Pisau
  5. Tatakan Pisau
  6. Sendok
  7. Centong

Cara membuatnya:

  • Pertama, rebus teh tubruk dengan air secukupnya sampai mendidih. Kemudian angkat rebusan teh tersebut lalu disaring. Taruh ditempat yang cukup besar kemudian ditambahkan gula dan diaduk sampai merata. Setelah merata, tunggu teh hingga dingin.
  • Kedua, jika kamu menggunakan cincau hitam, siapkan cincau kemudian potong kecil-kecil agar jelly muat untuk disedot menggunakan sedotan. Jika kamu menggunakan nutrijel, rebus bahan nutrijel tersebut hingga mendidih dan merata dengan air. Kemudian tunggu hingga dingin, proses ini dapat diakali dengan memasukkan ke dalam kulkas. Apabila jelly sudah dingin, potong atau iris kecil-kecil agar muat disedot menggunakan sedotan.
  • Ketiga, campur susu kental manis dengan teh manis dalam keadaan panas. Kemudian masih dalam keadaan diaduk campurkan susu cair full cream ke dalam ramuan teh manis. Jika dirasa sudah sesuai selera maka racikan teh tarik siap dicampurkan dengan jelly.
  • Keempat, masukkan jelly ke dalam ramuan teh tarik tersebut. Kemudian masukkan es batu ke dalam teh tarik jelly. Teh Tarik siap dihidang untuk menemani waktu santai kita.

Cara sederhana ini dapat juga dijadikan lahan bisnis bagi kamu yang mencari peluang bisnis. Karena tidak sedikit pengusaha yang berjualan Teh Tarik dan mendapatkan untung yang besar. Kamu hanya perlu membeli kemasan botol dan sticker merek kamu kemudian titipkan di kulkas kaca resto-resto terdekat. Silahkan mencoba!

Tips Untuk Mahasiswa

Nah, bagi mahasiswa yang tidak ingin repot-repot membuat Teh Tarik seperti di atas namun ingin juga menikmati Teh Tarik homemade dapat mengikuti tips berikut. Kamu dapat membeli Teh Tarik Sachet instan, es dan cincau di warung terdekat. Kemudian seduh Teh Tarik di dalam gelas, tambahkan es dan cincau. Teh Tarik siap untuk disajikan untuk kamu yang masih mahasiswa.

Baca Juga :

Inilah Cara Membuat Teh Serai Untuk Menurunkan Berat Badan Yang Enak Menyegarkan

teh seraiSiapa yang tidak menginginkan tubuh ideal seperti artis-artis domestic maupun internasional yang kebanyakan diimpikan oleh kaum hawa. Asupan makanan pun bisa menjadi sebab utama naiknya berat badan, apalagi kebanyakan kaum hawa yang gemar sekali berwisata kuliner sambil travelling bersama geng-gengnya. Menyebabkan lemak tidak terkontrol dan akibatnya membengkaknya timbangan berat badan yang dimana menjadi masalah serius bagi mereka. Padahal kita ketahui bahwa menurunkan timbangan berat badan itu tidak semudah membalikan telapak tangan, bahkan ada yang sampai menyiksa perut mereka dengan tidak makan, atau menjadi vegetarian.

Bagi sebagian wanita, mungkin ada yang mampu meluangkan waktunya untuk berolahraga di saat weekend atau pun saat mereka libur bekerja. Namun apa jadinya untuk mereka yang sibuk dan tidak mampu memanage waktunya untuk berolahraga? Hmm pasti stress kan?

Ladies, ketahuilah kamu ga perlu stress, karena disini kita akan membahas sebuah resep minuman yang ampuh untuk menurunkan berat badanmu lho! “minuman apa? Apa aja bahannya? Pasti sulit yah?” sabar ladies, kita akan jawab satu-satu pertanyaan kamu. Minuman yang satu ini mungkin terdengar aneh dan tidak dijual di café-café yang sering kamu tongkrongin ladies. Minuman ini terbilang mudah dan bahan-bahannya pun banyak kita temukan didapurmu sendiri. Apakah itu? Yaa! Tepat sekali! Teh serai.

Dengan berbagai bahan-bahan, kita akan membuat teh serai yang enak dan pasti kamu menyukainya ladies , jadi ga perlu takut ga enak karena bahannya bukan Cuma air, teh, dan serai saja. Penasarankan? Bagaimana sih cara membuat teh serai untuk menurunkan berat badan yang enak dan menyegarkan? Langsung saja ya! Tetap staytune disini.

Yang perlu kamu persiapkan diantaranya adalah

  • 1 liter air
  • 2 batang serai (tumbuk kasar)
  • 2 batang kayu manis sepanjang telunjuk jari
  • 2 keping jahe sebesar 3 jari (tumbuk kasar)
  • 1 buah lemon (iris tipis)
  • 5 buah cengkeh
  • 1 sdm madu
  • Lalu step selanjutnya ialah:

Didihkan 1 liter air, masukan semua bahan terkecuali madu dan lemon yaa ladies. Ga perlu lama-lama, cukup 5 menit aja. Matikan kompor lalu sajikan kedalam gelas tapi jangan disaring. Kemudian masukan lemon. Tiriskan selama 1 jam oke.

Selanjutnya cara mengkonsumsinya:

Saring ramuan tadi yang sudah dalam kondisi dingin kedalam gelas, disini kamu bisa tambahkan 1 sdm madu yang tadi kita persiapkan. Minumlah ramuan tersebut setiap pagi hari sebelum sarapan yaa, lalu kamu bisa meminumnya di siang hari sebelum makan siang, dan menjelang malam sebelum tidur.

Mudah kan ladies? Mudah banget, terlebih bahan bahan nya pun bisa kita temui di dapur atau jika tidak ada, kita bisa pergi ke pasar tradisional namun bagi kamu pasti jarang kan ke pasar tradisional? Tenang ladies ga perlu khawatir, kamu pun bisa menemuinya di pasar pasar swalayan atau di took buah segar namun tentu dengan harga yg berbeda tetapi dari segi kwalitas sih (menurut penulis) lebih baik di pasar tradisional, kenapa? Selain bisa memilih (untuk beberapa bahan of course) dari segi harga juga terbilang akan lebih murah, dan bicara kwaliatas pun pasti lebih fresh (tentu jika kita membelinya saat masuh subuh) karena para distributor sayuran juga buah buahan selalu mengirimkan barang dagangannya diwaktu waktu subuh hari (berdasarkan pengalaman pribadi hehehe).

cukup yaa ladies resep kita kali ini, mudah mudahan bisa menjadi inspirasi untuk kamu sekalian yang ingin mencoba minuman unik dan mudah sekali cara pembuatannya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Bolehkan Ibu Hamil Minum Teh Manis?

es teh manisSegala makanan dan minuman sekalipun menyehatkan jika dikonsumsi berlebihan tentu akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini menunjukkan bahwa kita sebagai manusia harus mengatur pola makan dan minum agar kondisi kesehatan badan tetap terjaga.

Pada saat sehat kita harus menjaga pola makan dan minum apalagi pada saat seorang ibu sedang hamil. Kondisi hamil memang membutuhkan ekstra pola makan dan minum ekstra karena setiap apa yang masuk ke dalam perut akan mempengaruhi kesehatan sang buah hati. Setiap ayah dan bunda pasti menginginkan kehamilan yang sehat dan kelahiran yang sempurna.

Ketika sedang hamil, tentu sangat asyik jika sambil ngobrol dengan sang buah hati ditemani dengan teh manis hangat. Namun, timbul pertanyaan, bolehkah ibu hamil minum teh manis? Apakah tidak berbahaya?

1. Penyebab Sulit Tidur

Teh adalah salah satu minuman yang mengandung kafein. Kafein ini bisa mempengaruhi metabolisme tubuh dan menjadi penstimulan sistem saraf pada otak. Jadi tidak heran jika orang yang minum teh menjadi lebih semangat atau berenergi. Jika dikonsumsi berlebihan, hal ini dapat menyebabkan sang ibu sulit untuk tidur dan dapat terkena penyakit insomnia. Padahal, waktu hamil adalah masa-masa yang penting untuk seorang ibu beristirahat. Ketika sang bayi sudah lahir, akan sulit sekali mendapatkan waktu luang untuk tidur karena sibuk menyusui dan membersihkan poop sang bayi.  

2. Mengurangi Serapan Zat Besi Sang Ibu

Zat besi sangat dibutuhkan oleh sang ibu pada masa-masa kehamilan. Zat besi ini dibutuhkan untuk mengurangi resiko penyakit anemia. Kebiasaan mengkonsumsi teh manis oleh sang ibu pada masa kehamilan dapat menyebabkan serapan zat besi berkurang derastis. Ibu hamil justru direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang tinggi zat besi seperti bayam, daun singkong atau petai.

3. Memicu Naiknya Detak Jantung Ibu dan Bayi

Kafein pada teh tentu dapat meningkatkan detak jantung sang ibu hamil juga si bayi. Hal ini tentu tidak baik bagi sang ibu maupun bayi. Jika terlalu banyak dikonsumsi oleh ibu hamil kafein dari teh juga dapat mengendap di dalam tubuh sang ibu.

4. Memicu Diabetes Gestasional

Seorang ibu hamil memiliki kadar gula yang lebih tinggi dari orang normal. Hal ini menjadi suatu peringatan penting bagi para ibu hamil untuk lebih mengatur jumlah konsumsi gula pada masa kehamilan. Mengkonsumsi teh manis tentu menggunakan gula. Jika kadar gula ibu hamil melampaui batas normal akan meningkatkan risiko diabetes gestasional hingga risiko bayi lahir cacat dan/atau bermasalah.

***

Tentu bunda tidak ingin hal-hal di atas terjadi pada diri bunda saat hamil. Maka dari itu, kesimpulannya seorang ibu hamil tidak aman mengkonsumsi teh manis apalagi berlebihan.

Jika dirasa sulit untuk menghentikan konsumsi teh manis sebaiknya bunda mengganti teh biasa dengan teh hijau. Kemudian jika bunda memiliki tingkat konsumsi yang tinggi, setidaknya dikurangi setengahnya atau lebih. Jika biasanya sehari 4 cangkir menjadi 2 cangkir atau bahkan 1 cangkir teh hijau. Salah satu tips agar tetap dapat mengkonsumsi teh namun lebih aman ialah dengan menghilangkan gula dari teh manis. Memang pahit, namun demi kebaikan sang buah hati tentu bunda tidak akan keberatan bukan berkorban sedikit saja. Semoga bermanfaat dan tetap sehat sampai buah hati lahir ya bunda!

Tips Konsumsi Telur Untuk Resep Menu Sarapan Pagi Yang Baik Sehingga Menyehatkan

Telur adalah salah satu bahan makanan paling cocok untuk dijadikan salah satu resep menu sarapan pagi karena memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh dan dapat mendukung aktiftas sejak pagi hari. Namun yang kurang dipahami oleh sebagian orang adalah cara mengolahnya sehingga bisa mendapatkan makanan yang bergizi dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Karena jika salah dalam mengolah maupun konsumsi yang tidak benar akan membuat manfaat tersebut berubah menjadi dampak negatif bagi tubuh manusia. Dan berikut ini beberapa tips dalam mengolah maupun ketika mengkonsumsi telur yang dikonsumsi pada pagi hari.

1. Gunakan Minyak Yang Sehat

Untuk mendapatkan telur yang bergizi dan tidak kehilangan banyak kandungan penting didalamnya, minyak menjadi fokus utama untuk diperhatikan jika memang ingin menggoreng telur tersebut. Sebagai salah satu resep menu sarapan pagi yang baik, harus menggunakan minyak yang sangat sehat seperti margarin Blueband sehingga telur tetap memiliki kandungan gizi yang cukup besar. Karena memang jika telur digoreng maka sebagian besar gizi akan hilang jika minyak yang digunakan tidak sehat.

2. Padukan Dengan Bahan Makanan Lain

Walaupun memang sarapan idealnya tidak memakan makanan yang cukup banyak dan berat, namun telur sebaiknya dipadukan dengan bahan makanan lainnya seperti roti maupun sayur sehingga gizinya dapat menjadi seimbang. Jika tidak dilakukan kemungkinan besar gizi yang didapatkan oleh tubuh akan berdampak buruk sehingga manfaat yang harusnya didapatkan menjadi sebuah dampak buruk bagi tubuh manusia.

3. Cukup 3 Butir Perharinya

Walaupun idealnya manusia cukup mengkonsumsi telur sebanyak 1 butir saja tiap harinya, namun batasan maksimal yang disarankan oleh tubuh hanya boleh 3 butir tiap hari. Karena memang kandungan gizi yang cukup besar jika konsumsi dalam jumlah yang cukup banyak akan membuat gizi tersebut menjadi penyakit bagi tubuh manusia seperti kelebihan kolesterol dan juga kelebihan lemak.

Demikian beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengolah berbagai olahan telur agar tetap sehat sebagai salah satu resep menu sarapan pagi yang baik dan penuh manfaat.