Cara Mendeteksi Penyakit Jantung Koroner

Pada zaman yang serba canggih ini banyak sekali orang yang menderita penyakit jantung, salah satunya adalah penyakit jantung koroner. Akan tetapi, kebanyakan orang yang memiliki resiko tinggi mengalami penyakit tersebut belum mengetahui bagaimana cara mendeteksi penyakit tersebut secara sederhana. Oleh karena itu mereka yang memiliki resiko tinggi menderita penyakit tersebut haruslah mencari tahu apa saja cara dalam mendeteksi penyakit tersebut. Biasanya orang mengecek apakah ia memiliki penyakit jantung atau tidak dilakukan dengan periksa laboratorium yaitu untuk mengecek kadar kolesterol, gula, lemak yang ada di dalam darah hingga indeks massa tubuh. Pemeriksaan ini tentunya membutuhkan seorang dokter. Oleh karena itu di artikel ini akan membahas agaimana cara mendeteksi apakah anda memiliki penyakit jantung atau tidak secara sederhana tanpa perlu tes laboratorium.

Cara sederhana untuk mendeteksi apakah anda dapat terserang penyakit jantung koroner atau tidak adalah hal yang cukup simpel itu yang anda perlukan hanya memeriksa atau menghitung denyut jantung ketika bangun tidur atau pagi hari. Ini karena di waktu itu jantung telah selesai melakukan istirahat. Caranya cukup mudah yaitu letakkan jari telunjuk atau jempol di pergelangan tangan. Kemudian carilah denyutan di sekitar area tersebut. Ketika anda telah menemukan atau merasakan denyutan tersebut maka hitunglah selama 1 menit. Perlu anda diketahui jantung dapat dikatakan normal bila ia berdenyut sebanyak 60 hingga 100 kali per menit. Untuk cara mudahnya adalah hitunglah denyut jantung yang anda miliki hanya selama 10 detik kemudian hasilnya dikalikan 6 dan jangan lupa menggunakan timer atau stopwatch agar hasilnya lebih akurat.

Jika denyut jantung yang anda miliki memiliki lebih dari 100 kali setiap menitnya maka anda berisiko terserang penyakit jantung. Denyutan yang lebih dari 100 kali per menit menandakan bahwa terdapat tachycardia, yaitu irama jantung yang terlalu cepat. Gangguan ini disebabkan karena kekacauan sinyal listrik yang berfungsi untuk merangsang otot jantung dalam memompa darah secara teratur. Ketika anda telah divonis dapat penderita penyakit jantung maka anda harus mulai mengatur pola hidup anda agar jantung anda kembali sehat. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi jus jeruk. Untuk itu konsumsilah Tropicana yang mengandung buah jeruk alami tanpa pengawet dan tanpa gula sedikitpun. Jeruk sendiri bermanfaat untuk mengikis lemak yang ada di dalam jantung sehingga jantung dapat kembali normal. Dan itulah penjelasan sedikit tentang bagaimana cara mendeteksi penyakit jantung koroner pada tubuh. Semoga dapat bermanfaat anda yang sedang bimbang ingin melakukan hal tersebut.

Aulia Hosea

Leave a Reply