Alasan dan Tips Anak Tidak Betah di Rumah

Banyak anak yang tidak merasa nyaman tinggal di rumah. Mereka lebih banyak menghasikan hari-harinya di luar rumah, bermain dengan teman-temannya. Hal paling buruknya adalah mereka terlalu berlebihan main di luar rumah hingga pulang larut malam atau bahkan tidak pulang dan malah menginap di rumah keluarga temannya. Sebagai orang tua pastilah Anda akan merasa kesal dan akhirnya memarah si anak. Seharusnya Anda cari tahu kenapa anak Anda tidak betah di rumah? Apakah karena keadaan rumah yang tidak harmonis atau anak memang tidak punya teman untuk bercengkrama di rumah. Berikut kami berikan alasan dan tips mengatasi anak tidak betah di  rumah.

  1. Keluarga yang Tidak Harmonis

Bisa saja anak tidak betah di rumah karena keadaan keluarga yang tidak harmonis. Banyak pertengkaran, orang tua yang terlalu cuek atau bahkan orang tua yang terlalu otoriter.

Tips yang bisa digunakan adalah cobalah untuk instrofeksi diri. Apakah keadaan keluarga Anda baik-baik saja? Menjaga ke harmonisan keluarga adalah tugas bersama. Jika kedua orang tua bekerja, setidaknya luangkanlah waktu ketika weekend. Jangan biarkan anak merasa kesepian, merasa tidak di perhatikan, atau sekalinya ada di rumah malah hanya mendengarkan pertengkaran.

  1. Jadwal Tidak Teratur

Biasanya mereka yang tidak betah di rumah adalah anak-anak yang terlalu dibebaskan oleh orang tuanya sehingga tidak memiliki jadwal teratur. Contohnya saja tidak ada jadwal mengerjakan pekerjaan rumah, istirahat, atau makan bersama.

Tipsnya adalah Anda harus mulai membiasakan dengan jadwal teratur di rumah. Mulai dari bangun tidur hingga akan tidur kembali.

  1. Tidak Ada Hal Menyenangkan di Rumah

Rumah kadang membosankan bagi sebagian anak, karena komunikasi dengan anggota keluarga yang tidak menyenangkan. Mereka yang cenderung sibuk sendiri dan tidak peduli dengan apa yang terjadi adalah faktor kenapa anak tidak betah di rumah.

Sebagai tips Anda bisa membangun komunikasi yang katif dan menyenangkan dengan anggota keluarga lain. Hindari penggunaan smartphone berlebihan, yang bisa membuat Anda lupa akan segalanya. Buatlah acara sederhana setiap hari yang mana setiap anggota hadir. Contohnya setengah jam sebelum tidur untuk hanya berbincang atau menonton film bersama.

  1. Tidak Mimiliki Teman di Rumah

Bukan tidak mungkin dalam satu keluarga hanya terdiri dari ayah, ibu dan satu anak. Namun rumah mereka cukup besar dan kedua orang tua sibuk di luar rumah. Tidak sedikit kondisi seperti ini membuat anak bosan dan tidak betah di rumah.

Anda bisa mengatasinya dengan mengurangi sedikit aktifitas Anda di luar rumah demi anak bisa betah di rumah dan tidak sibuk keluyuran.

Itulah beberapa faktor yang biasa terjadi ketika anak tidak betah di rumah. Silahkan coba untuk mengaplikasikan tips yang diberikan. Kami harap tips yang diberikan bisa bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Alasan dan Tips Anak Tidak Betah di Rumah

Leave a Reply