4 Bahaya Minum Teh Hijau Saat Haid

teh hijau
teh hijau

Wanita disarankan agar tidak meminum minuman yang mengandung kafein saat haid. Lho kok bisa begitu, pasti ada alasannya dong. Oleh karena itu, mari kita cek tulisan berikut ini.

Minum teh memang bisa membuat orang merasakan rileks atau santai, apalagi jika diminum setelah menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk. Tetapi, wanita di saat menstruasi atau haid tidak disarankan. Kenapa? Karena bisa menimbulkan gangguan bagi kesehatannya.

Teh hijau di zaman sekarang menjadi salah satu minuman favorit berbagai kalangan. Padahal secangkir teh hijau dapat mengandung sekitar 30-35 miligram kafein. Orang mengenal minuman ini sebagai matcha Jepang yang dapat membantu menurunkan berat badan kita. Selain itu, teh hijau juga mengandung zat yang mampu mencegah penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker. Tapi di saat haid, Anda harus menghindari minum teh hijau agar tak memicu gangguan-gangguan yang mungkin dapat terjadi seperti akan dijelaskan di paragraf-paragraf selanjutnya.

Selain kafein, teh hijau juga dibungkus dengan tannis yang merupakan senyawa polifenol. Senyawa ini berfungsi mengikat zat besi dan mencegah zat besi terserap oleh tubuh. Tnetu apabila teh hijau diminum maka bisa memiliki efek sedikit negatif pada kadar zat besi dalam tubuh, meski tidak mengurangi zat besi yang sudah ada.

Ada reaksi-reaksi tertentu yang dihasilkan saat wanita mencoba untuk memaksa minum teh. Kandungan kafein dalam teh bisa membawa dampak yang buruk bagi tubuh wanita tersebut, terutama di saat pra menstruasi. Anda lebih disarankan untuk minum air hangat saja dibandingkan teh.

Para ahli mengatakan bahwa ada sejumlah dampak yang akan dialami seorang wanita saat minum teh di waktu haid.

Sebabkan Kram

Wanita di saat haid selalu mengeluh berkaitan dengan kram. Nah, apalagi jika Anda meminum teh hijau yang di dalamnya terkandung kafein, bisa jadi tambah fatal akibatnya. Maka, hindari minum teh saat haid agar aktivitas pun bisa menjadi lebih lancar dan tentu bebas dari kram.

Emosi meluap

PMS (Premenstrual Syndrome) bagi wanita adalah masalah besar yang selalu dilalui oleh mereka saat sedang haid. Tak hanya ingin makan, tapi mereka malah kecanduan untuk mengonsumsi minuman berkafein. Apabila tidak kesampaian, yang ada mereka para wanita malah mengalami luapan emosi yang besar. Terlebih kalau disertai gejala PMS lainnya, itu akan membuat mereka merasa tidak nyaman dalam beraktivitas.

Tekanan darah meningkat

Saat mengonsumsi minuman berkafein seperti teh hijau di saat haid, seorang wanita akan mengalami peningkatan tekanan darah dalam tubuhnya. Bahkan, mereka juga akan merasakan rasa tegang saat beraktivitas. Hal ini tentu membuat rasa tidak nyaman, apalagi saat menghadapi pekerjaan atau masalah berat yang harus mereka hadapi.

Detak jantung meningkat

Meski teh secara umum merupakan minuman dengan kandungan kafein yang rendah, Anda jangan meminumnya di saat sedang haid. Dampaknya detak jantung Anda bisa meningkat. Akibatnya, Anda akan merasa cepat letih dan selalu cemas saat melalui hal ini.

Itulah empat di antara dampak-dampak buruk yang mungkin terjadi apabila seorang wanita meminum teh hijau kala ia sedang haid. Tentu akan membuat tenang apabila bisa menghindari dampak-dampak itu muncul menjadi kenyataan. Maka dari itu, hendaklah para wanita ketika sedang haid agar menghindari mengonsumsi minuman-minuman berkafein khususnya teh hijau sehingga mereka bisa menjalankan aktivitas dengan nyaman sebagaimana biasanya.

Baca Juga :

Aulia Hosea

Leave a Reply