Badan Sehat dengan 4 Kebiasaan Baik Berikut!

3 Asupan Zat Gizi Penting yang Jangan Sampai Terlupakan Saat Diet

Program penurunan badan atau yang lebih kita kenal disebutnya dengan diet memang merupakan sebuah langkah yang efektif untuk menghindari masalah obesitas. Mengingat bahwa obesitas adalah sebuah masalah yang cukup serius, dimana seseorang yang mengalami obesitas punya resiko yang besar akan mudahnya terserang penyakit dan ditambah lagi sulitnya untuk beraktivitas karena berat badan yang berlebih. Nah, menjalankan diet pun harus memastikan bahwa tubuh tetap menerima asupan gizi terbaik. Salah satu faktor terbesar dari sukses tidaknya diet adalah pengaturan pola makan sehari-hari. 3 asupan zat gizi penting yang jangan sampai terlupa untuk dicukupi selama menjalankan diet antara lainnya adalah serat, protein dan juga kalsium. Berikut ini ulasan lebih lengkapnya :

  1. Serat

Mengkonsumsi makanan sumber serat dalam jumlah yang lebih banyak diklaim dapat membantu dalam menurunkan berat badan berlebih secara sehat. Orang yang mengkonsumsi makanan sumber serat lebih banyak cenderung punya berat badan yang ideal dan bahkan diyakini kalau pola makan tinggi serat tanpa mengubah komponen makanan yang lain bisa untuk membantu dalam menurunkan berat badan yang presentasenya hampir sama dengan yang dihasilkan saat diet rendah lemak ramah jantung. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi pun cenderung mengenyangkan. Jadi tidak heran kalau asupan zat gizi yang satu ini sangat penting untuk dicukupi ketika diet. Ada banyak makanan sumber serat, mulai dari buah pisang, pepaya, alpukat, nasi merah, gandum utuh sampai dengan buah pir.

  1. Protein

Asupan zat gizi yang penting untuk dipenuhi ketika diet berikutnya adalah protein. Makanan sumber protein tinggi bisa membantu untuk mengendalikan berat badan. Menurut penelitian, mengkonsumsi seporsi makanan yang kaca protein sudah cukup membuat kenyang. Protein yang lebih dianjurkan untuk dikonsumsi ketika diet adalah protein dari kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan, ikan, sampai dengan telur dan juga susu rendah lemak. Minimalisir konsumsi daging atau lebih baik pilih daging tanpa lemak.

  1. Kalsium

Kalsium pun tidak kalah pentingnya untuk dicukupi ketika menjalanjan program diet. Salah satu kelompok mineral ini berperan untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Saat sedang diet, sayangnya kebutuhan kalsium kerap kali diminimalisir. Padahal, asupan gizi yang satu ini penting dan bahkan terdapat penelitian yang menunjukkan kalau kalsim bisa untuk mencegah kelebihan berat badan. Akan tetapi asalkan pemilihan kalsium adalah asupan yang rendah lemak. Contohnya susu rendah lemak.

Leave a Reply